Team IN-VERNO.COM akan siap menemui Anda jika anda ingin melakukan konsultasi secara langsung...silahkan hubungi kami..!
 

4 Alasan Mengapa Sosial Media Sangat Penting untuk Bisnis

4 Alasan Mengapa Sosial Media Sangat Penting untuk Bisnis

  by    0   0

Ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis Anda. Salah satu cara yang saat ini sedang ramai digunakan adalah sosial media. Entah mengapa virus-virus sosial media bisa menjalar begitu cepat. Dari yang tadinya hanya ada Facebook dengan kekuatan besar untuk bisnis, lalu mulai merambah ke microblogging sekelas Twitter dan situs berbagi foto seperti Pinterest serta video semisal YouTube dan Vimeo.

Berbagai ahli mengungkapkan banyak alasan mengapa sosial media sangat penting untuk bisnis Anda. Beberapa diantaranya melihat peluang dari besarnya jumlah pengguna dengan tingkat variasi yang begitu tinggi. Sebagian lainnya melihat dari sisi otoritas, branding dan sejenisnya. Namun pada dasarnya Mereka membagi alasan tersebut kepada 4 poin, diantaranya adalah.

  • Berhubungan dengan merek (branding)

    Salah satu kegunaan sosial media yang paling besar untuk bisnis adalah mengenalkan merek kepada khalayak umum. Dengan kampanye sosial media yang tepat dan efisien, maka bisnis Anda akan lebih cepat dikenal oleh orang banyak.

Contoh nyata saja yang pernah diceritakan oleh perusahaan digital bernama Distractify. Disebutkan bahwa Mereka mengklaim memiliki 21 juta pengunjung unik ke situs Mereka (menurut Google Analytics). Hal tersebut berarti menggambarkan bahwa Distractify telah didengarkan oleh 21 juta orang selama satu bulan kurang lebihnya. Untuk mencapai hasil seperti itu, Mereka menceritakan telah menggunakan Facebook terlebih dahulu, dan memang 90 persen lalu lintasnya dimulai dari sosial media milik Mark tersebut.

Hal ini bisa Kita nilai, bahwa bisnis tersebut tidak akan sekuat sekarang dengan mudah tanpa sosial media. Ini pulalah yang menyiratkan pada Kita bahwa tidak harus SEO pada mesin pencari yang difokuskan dalam membangun suatu merek. Apapun bisa jadi batu loncatan, termasuk sosial media, terlebih jika genre bisnis tersebut dirancang untuk komunikasi sosial.

  • Google menyukainya

    Meski sebelumnya Kita memisahkan antara mesin pencari dan sosial media, namun Google berbeda. Semua hal yang berbau dengan bisnis digital maupun online pasti berkaitan dengan mesin pencari raksasa tersebut. Oleh sebab itu, mari Kita ketahui apa yang bisa membuat Google menyukai bisnis yang dihubungkan dengan sosial media.

Untuk lebih membuka pemikiran Kita mengenai kuatnya sosial media di hadapan Google, Kita mengambil beberapa contoh. Ketika Anda mencoba mencari kata kunci merek “McDonald”, maka di urutan pertama Anda akan melihat situs utama Mereka, lalu dilanjut dengan akun Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa sosial media disukai oleh mesin pencari. Anda tidak perlu melakukan optimasi apapun untuk bisa melakukannya, karena Mereka (situs sosial media) sudah memiliki otoritas tinggi di mata mesin pencari. Hal ini juga berfungsi dengan baik oleh merek bisnis “Carvel” dan berbagai jenis situs besar lainnya.

  • Keadaan saling menguntungkan

    Salah satu daya tarik seseorang untuk memiliki akun sosial media adalah kebutuhan mereka akan komunikasi ke berbagai arah. Untuk itu, semua jenis bisnis bisa berkembang dengan akun sosial media. Ketika Anda mulai membangun jaringan bisnis menggunakan Facebook misalnya, Anda bisa berkomunikasi dengan para “likers” untuk bisa mendulang lebih banyak lagi konsumen. Uniknya, para likers tersebut akan bersedia suka rela untuk melakukannya hanya karena nilai komunikasi.

Contoh nyatanya pernah dilakukan oleh perusahaan bernama Reconverse. Mereka dulunya hanya memiliki 200 pengikut di LinkedIn. Selanjutnya Mereka mulai menguji kekuatan sosial media ini dengan melakukan komunikasi aktif bersama para pengikutnya. Reconverse memberikan pengumuman bahwa orang yang menyukai update Mereka akan diberi sebuah hadiah. Hasil dari uji coba tersebut sungguh menakjubkan, dimana waktu pertama muncul 100 pengikut baru dan sekarang pengikut Mereka sudah ada di seluruh dunia dalam jumlah besar.

  • Platform yang bervariasi

    Saat ini sosial media sudah menjamur dan inilah salah satu alasan mengapa Anda harus menggunakannya. Bisnis yang kuat haruslah terarah, mencapai kepada konsumen. Ketika Anda membuat bisnis yang berhubungan dengan manajemen dan sifatnya sistematis, Anda bisa menggunakan LinkedIn.

 

Ketika Anda meginginkan viral, maka gunakan Facebook. Jika bisnis Anda berhubungan dengan kreatifitas, maka YouTube adalah batu loncatannya.

RELATED POSTS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *